Jumat, 28 Januari 2011

spiritual Qur'an . . . . .

Jika kita mempertanyakan “Kenapa aku diuji ? “
Jawabannya ada di dalam surah Al-Ankabut ayat 2-3
“apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ‘kami beriman’,sedang mereka tidak diuji lagi ? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang sebelum mereka,maka sesungguhnya allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”
Jika kita merasakan “Kenapa aku tidak mendapatkan apa yang aku idamkan ? “
Jawabannya ada didalam surah Al-Baqarah ayat 216
“...Boleh jadi kamu membenci sesuatu,padahal ia amat baik bagimu,dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu,padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui,sedangkan kamu tidak mengetahui.”


Jika kita mengeluh “ Kenapa ujian seberat ini ? “
Jawabannya ada pada surah Al-Baqarah ayat 286
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya...”
Jika kita “merasa frustasi ? “
Motivasinya tertuang dalam surah Ali-Imran ayat 139
“Janganlah kamu bersikap lemah,dan janganlah (pula) kamu bersedih hati,padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya),jika kamu orang-orang yang beriman.”
Jika kita bingung “Bagaimana aku harus menghadapi cobaan ini ?”
Jawabannya ada dalam surah Al-Baqarah ayat 45
“Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat,kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.”
Jika kita bertanya-tanya “Apa yang aku dapat dari semua cobaan ini ? “
Allah menjawabnya dalam surah At-Taubah ayat 111
“ Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min,diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka....”
Jika kita bingung “Kepada siapa aku berharap ? “
Jawabannya ada dalam surah At-Taubah ayat 129
“Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Allah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal.....”
Peringatan bagi kaum mu’min “Jangan berhenti mengharap rahmat Allah !”
Allah SWT Berfirman :
“.....Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah,melainkan kaum yang kafir.” ( QS Yusuf :87 )

0 komentar:

Posting Komentar